Empat Sekolah di Kab. Lombok Timur Ikuti LSS Tingkat Provinsi

Empat satuan pendidikan di Kabupaten Lombok Timur ikut serta Lomba Sekolah/Madrasah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Tahun 2019 yaitu RA NW Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat, SDN 3 Kesik Kecamatan Masbagik, SMPN 4 Selong Kecamatan Selong dan MAN 2 Lombok TImur Desa Beririjarak Kecamatan Wansaba. Tim Penilai LSS Tingkat Provinsi terdiri dari unsur Biro Kesra Setda Prov. NTB, Bappeda Prov.NTB, Dikbud Prov.NTB, Dinas Kesehatan Prov.NTB dan Kanwil Kementerian Agama Prov.NTB telah melakukan observasi dan penilaian di setiap obyek sekolah/madrasah yang menjadi indikator sekolah/madrasah sehat.

Penilaian dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni pada hari pertama penilaian dilaksanakan di RA NW Rensing Bat dan SDN 3 Kesik, sedangkan dihari kedua penilaian di SMPN 4 Selong dan MAN 2 Lombok Timur. Observasi lapangan dimaksudkan untuk mengecek kesesuaian dokumen yang telah dikirim sebelumya dengan fakta yang ada di lapangan. Jika terdapat indikator sekolah/madrasah sehat yang belum sesuai dengan standar yang telah ditetapkan maka Tim Penilai akan memberikan saran kepada pihak sekolah/madrasah maupun Tim Pembina UKS/M Kabupaten dan Kecamatan yang bersangkutan untuk mendapatkan perhatian dan tindaklanjut.

Pada saat observasi dan penilaian di  RA NW Rensing Bat,  Tim Penilai dan rombongan diterima secara resmi oleh Wakil Kepala RA NW Rensing Bat, dengan didampingi Tim Pembina UKS/M Kabupaten, Camat Sakra Barat, Kepala Desa Rensing Bat dan Kepala KUA Kecamatan Rensing Bat yang tergabung dalam Tim Pembina UKS/M, (Senin, 26/08/2019).

H.Junaidi selaku Wakil Kepala RA NW Rensing Bat, dalam pemaparannya menyampaikan bahwa program unggulan disekolahnya antara lain, berayan nyampah (sarapan pagi bersama) yang merupakan perhatian penting kepada anak didiknya untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa guna mencetak generasi sehat dan cerdas. Tiket masuk dan tiket pulang yakni berupa kegiatan memungut sampah dilingkungan sekolah pada saat masuk dan pulang sekolah dengan  tujuan untuk membiasakan anak didik untuk membersihkan dan membuang sampah pada tempat yang tepat.

Setelah observasi dan penilaian di RA NW Rensing Bat, Tim Penilai  melanjutkan kegiatan ke SDN 3 Kesik. Tim Penilai disambut oleh Kepala Sekolah beserta dewan guru, Kadis Dikbud Kab.Lombok Timur, TP UKS/M Kabupaten/Kecamatan Masbagik.

Pada kesempatan tersebut Kadis Dikbud Kab.Lombok Timur, H.Moh.Zainuddin, berharap dengan adanya lomba sekolah/madrasah sehat dapat menjadi penyemangat bagi kita untuk menerapkan usaha kesehatan sekolah. Mudah-mudahan penilaian yang dilakukan secara obyketif dan sekolah kita menjadi yang terbaik sehingga bisa mewakili NTB dalam lomba tingkat nasional, ungkapnya.

Hari kedua kegiatan Penilaian LSS Tingkat Provinsi NTB  (Selasa, 27/08/2019), Tim Penilai  melakukan observasi dan penilaian di SMPN 4 Selong. Pada kesempatan tersebut Tim Penilai disambut oleh Kepala Sekolah, dewan guru, komite sekolah, kepala Puskesmas, Camat Selong, Kepala KUA Kec.Selong dan Lurah Majidi yang tergabung dalam TP UKS/M Kabupaten dan Kecamatan.

Pada kesempatan tersebut, Camat Selong mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Sekolah/Madrasah Sehat Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat  dan berharap semoga ada saran/masukan dari Tim Penilai sehingga bisa menjadi motivasi bagi kami untuk meningkatkan Usaha Kesehatan Sekolah disemua satuan pendidikan yang ada di wilayah Kecamatan Selong.

Khairul Wajdi, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMPN 4 Selong, mengatakan dengan adanya penilaian sekolah sehat, anak-anak sangat peduli dengan lingkungan sekolahnya. Mudah-mudahan kepedulian mereka bisa diterapkan dirumahnya masing-masing dan dilingkungan masyarakat yang lebih luas. Semua saran dan masukan yang disampaikan Tim Penilai akan ditindaklanjuti sesuai dengan kemampuan kami dan akan dilaksanakan secara bertahap.

Setelah Observasi dan penilaian di SMPN 4 Selong, Tim Penilai melanjutkan kegiatan penilaian di MAN 2 Lotim yang berada di Desa Beririjarak Kecamatan Wanasaba.  Pada kesempatan tersebut Tim Penilai diterima oleh Kepala Madrasah, Dewan Guru, Komite Sekolah dan TP UKS/M Kabupaten dan Kecamatan.

Dalam sambutannya Kepala MAN 2 Lotim mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Sekolah/Madrasah Sehat Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019. Kepala Madrasah juga menjelaskan bahwa kami berserta pada dewan guru dan komite sekolah berkomitmen membangun budaya bersih dan sehat sebagaimana yang tertuang dalam Visi dan Misi MAN 2 Lombok Timur. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf atas kondisi madrasah yang saat ini ada beberapa bagian bangunan masih dalam kondisi rusak akibat gempa bumi. Insya Allah dalam dua bulan kedepan akan ada proses pembongkaran dan pembangunan kembali gedung yang rusak tersebut, ungkapnya.

Berita Terkait

Kembali ke atas