Empat Sekolah di Lombok Tengah Ikuti LSS Tingkat Provinsi

Empat satuan pendidikan di Kabupaten Lombok Tengah ikut serta Lomba Sekolah/Madrasah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Tahun 2019 yaitu TK PGRI Pengadang Kecamatan Praya Tengah, SD Negeri Teratak Kecamatan Batukliang Utara, SMPN 5 Kopang Kecamatan Kopang dan MAN 1 Lombok Tengah. Tim Penilai LSS Tingkat Provinsi terdiri dari unsur Biro Kesra Setda Prov.NTB, Bappeda Prov.NTB, Dikbud Prov.NTB, Dinas Kesehatan Prov.NTB dan Kanwil Kementerian Agama Prov.NTB telah melakukan observasi dan penilaian di setiap obyek sekolah/madrasah yang menjadi indikator sekolah/madrasah sehat.

Penilaian dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni pada hari pertama penilaian dilaksanakan di TK PGRI Pengadang dan MAN 1 Lombok Tengah, sedangkan dihari kedua penilaian di SDN Teratak dan SMPN 5 Kopang. Observasi lapangan dimaksudkan untuk mengecek kesesuaian dokumen yang telah dikirim sebelumya dengan fakta yang ada di lapangan. Jika terdapat indikator sekolah/madrasah sehat yang belum sesuai dengan standar yang telah ditetapkan maka Tim Penilai akan memberikan saran kepada pihak sekolah/madrasah maupun Tim Pembina UKS/M Kabupaten dan Kecamatan yang bersangkutan untuk mendapatkan perhatian dan tindaklanjut.

Tim Penilai dan rombongan sebelum melakukan observasi lapangan,  diterima secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah bertempat di ruang Rapat Utama Kantor Bupati Lombok Tengah. Dalam sambuatannya Sekda Kab.Loteng H.Nursiah, S.Sos.,M.Si. menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Sekolah/Madrasah Sehat Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019. Disampaikan pula bahwa pelaksanaan UKS/M di satuan pendididkan dalam rangka  melakukan perubahan pola hidup bersih dan sehat dilingkungan sekolah sehingga bisa menjadi karakter peserrta didik dan bisa diterapkan dilingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat yang lebih luas, Rabu (28/08/2019).

Sekda Kab.Loteng berharap kepada Tim Penilai agar penilaian dilakukan secara obyektif. Adapun untuk menjadi juara itu nomor ke-10, yang terpenting adalah bagaimana memotivasi untuk bisa meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat melalui Usaha Kesehata Sekolah/Madrasah, jelasnya.

Selanjutnya Tim Penilai melakukan observasi dan penilaian di  TK PGRI Pengadang. Tim Penilai dan rombongan diterima secara resmi oleh Ketua Komite Sekolah dengan didampingi Tim Pembina UKS/M Kabupaten, Camat Praya Tengah dan Kepala Desa Pengadang.

Drs.H.Faisal Husen selaku Ketua Komite TK PGRI Pengadang, menyampaikan bahwa terkait pelaksanaan UKS/M yang dilaksanakan di sekolah sering dikoordinasikan dengan pihak puskesmas dan pelaksanaan UKS/M diintegrasikan dengan kegiatan posyandu dalam rangka meningkatkan kesehatan anak didik. Kalau pada saatnya nanti jika Tim Penilai memberikan kami kesempatan untuk menjadi juara mewakili NTB untuk lomba di tingkat nasional, Insya Allah kami akan lakukan perbaikan secara bertahap.

Setelah observasi dan penilaian di TK PGRI Pengadang, Tim Penilai  melanjutkan kegiatan penilaian ke MAN 1 Lombok Tengah. Tim Penilai disambut oleh Kepala Madrasah beserta dewan guru, Komite Sekolah, Dikbud Kab.Loteng, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Loteng, TP UKS/M Kabupaten dan Kecamatan.

Pada kesempatan tersebut Kepala MAN 1 Loteng. H.Kemas Burhan,M.Pd. menyampaikan bahwa dengan adanya Lomba Sekolah/Madrasah Sehat dampaknya menjadi sangat luar biasa, semangat gotong royong para guru dan siswa sangat antusias untuk bisa mengikuti lomba ini. Kami berkomitmen bersama menuju sekolah/madrasah sehat, semoga Tim Penilai bisa menilai secara obyektif dan berharap semoga kami diberi amanah untuk mewakili Nusa Tenggara Barat dalam Lomba Sekolah/Madrasah Tingkat Nasional.

Hari kedua kegiatan Penilaian LSS Tingkat Provinsi NTB  (Kamis, 29/08/2019), Tim Penilai  melakukan penilaian di SDN Teratak, Tim Penilai dan rombongan diterima oleh Kepala Sekolah, dewan guru, kepala Puskesmas Teratak, Camat Batukliang Utara, Polsek, TP UKS/M Kabupaten dan Kecamatan.

Pada kesempatan tersebut Kepala SDN Teratak, L.M.Nasir, S.Pd.,M.Pd. menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Sekolah/Madrasah Sehat Tingkat Provinsi. Dijelaskan pula bahwa salah satu wujud kami dalam melaksankan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah di SDN Teratak sebagaimana tertuang dalam misi “Menciptakan suasa sekolah yang disiplin, rapi, bersih dan bersahaja”.

Pada sesi pemaparan saran dan masukan oleh Tim Penilai, Camat Batukliang Utara, H.L.Wiraningsun menyampaikan ucapan terima kasih atas masukan-masukan yang disampaikan oleh Tim Penilai. Lomba Sekolah/Madrasah Sehat ini bernilai baik dan ibadah, Inya Allah kami akan memberikan dukungan kepada Sekolah sebagaimana yang diarahkan oleh Tim Penilai, ungkapnya.

Setelah rangkaian kegiatan penilaian di SDN Teratak selesai,  selanjutnya Tim Penilai melakukan penilain di SMPN 5 Kopang. Tim Penilai dan rombongan diterima oleh Kepala Sekolah berserta dewan guru, TP UKS/M Kabupaten dan Camat  Kopang.

Pada kesempatan tersebut Kepala SMPN 5 Kopang, Saidi,S.Pd.,MM. menyampaikan bahwa UKS/M merupakan program pemerintah, tentunya untuk meningkatkan mutu prestasi peserta didik.  Dukungan tersebut diberikan oleh Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan dinas-dinas lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu.  Pelaksanaan Trias UKS sudah kami integrasikan dengan mata pelajaran dan sudah di implementasikan, jelasnya.

Berita Terkait

Kembali ke atas