Bukit Bintang Tiga Rasa, Dewinya Gelangsar

Senin, 09 September 2019

Ahmad Jamaah

DESA WISATA

Dibaca: 72 kali

Bukit Bintang Tiga Rasa sangat menarik untuk dikunjungi di akhir pekan. terdapat beragam spot selfie yang unik dan kekinian yang disediakan disana. Pemandangan alam yang disajikan di Bukit Bintang Tiga Rasa ini tak hanya memiliki panorama alam dengan kesejukan yang ditawarkan, namun kawasan ini juga memiliki perpaduan dengan bukit liannya seperti Bukit Korea dan Bukit Cacing yang juga merupakan bagian dari kawasan wisata.

Wisata Bukit Bintang Tiga Rasa terletak di Dusun Songoran, Desa Gelangsar, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Jarak Bukit Bintang Tiga Rasa dari Pusat Kota Mataram hanya 10,6 Km dengan jarak tempuh sekitar 23 menit berkendara untuk tiba di destinasi ini. Ketinggian bukit ini mencapai sekitar 600 mdpl, letaknya sangat strategis untuk menyaksikan indahnya Kota Mataram. Dari bukit ini kita bisa melihat betapa indahnya Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB yang berdiri tegak di tengah kota. Demikian juga dengan kawasan Lombok Barat, khususnya Pantai Senggigi bagian utara hingga ke Pantai Sekotong bagian selatan. Sementara di arah Timur, kawasan pantai berpasir putih di Lombok Tengah akan terlihat dari atas Bukit Bintang Tiga Rasa.

Bagi anda yang hobi bersepeda, inilah tempatnya. Kawasan Bukit Bintang Tiga Rasa memberikan suasana yang sangat menantang. Butuh perjuangan untuk bisa sampai dipuncak, jalur dan treknya sangat terjal. Bagi yang belum pernah kesana, Bukti Bitang Tiga Rasa adalah rasa ingin tahu, rasa lelah dan letih menuju puncak dan rasa terpuaskan bila kita sampai dipuncak bukit.

Di puncak bukit anda akan temukan sebuah gardu lepas pandang yang bentuk bangunannya dirancang seperti perahu. Dua buah gardu lepas pandang lainnya juga terlihat sangat klasik yang menjadi pendukung daya tarik bagi pengunjung atau wisatawan. Salah satu gardu lepas pandang  tersebut berupa tangga kayu yang melingkar ke atas mengikuti ketinggian pohon tempatnya bersandar. Dan yang lainnya berupa anak tangga yang langsung menuju puncak pohon.

Disisi bukit lainnya terdapat gardu lepas pandang berbentuk atau model “Love”. Untuk menuju ke spot gardu lepas pandang yang satu ini, anda harus melewati sebuah jembatan yang terbuat dari deretan potongan-potongan bambu yang terangkai rapi dan kuat.

Untuk bisa menikmati pemandangan anda cukup mengeluarkan biaya masuk 5 ribu rupiah untuk satu orang pengunjung yang akan digunakan untuk biaya pengelolaan. Selain panorama yang indah dan ketinggian yang menantang, di Bukit Bintang Tiga Rasa juga tersedia lapak pedagang kuliner yang menyediakan kebutuhan makan dan minum bagi para pengunjung atau wisatawan. Ditempat ini tesedia lahan parkir yang cukup luas dengan keamanan yang terjamin.

Akan lebih puas menikmati panorama alam perbukitan dengan trek yang lebih menantang. Jika menggunakan jalur trek menuju Bukit Korea. Anda akan disajikan dengan indahnya pemandangan lembah antara Bukti Bintang Tiga Rasa dengan Bukit Korea yang berada disebelah kiri anda dan lembah antara Bukit Bintang Tiga Rasa dengan Bukit Cacing di sebelah kanan anda.

Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat, Qur’an Surah Fatir (35): 27.

 

Saalam Lestari: Maja83

Berita Terkait

Kembali ke atas