Pelatihan Aplikasi siMAYA

Senin, 16 September 2019

Ahmad Jamaah

AGENDA UTAMA

Dibaca: 34 kali

Dalam rangka meningkatkan efektivitas kinerja ASN pada Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov.NTB, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat melaksanakan pelatihan singkat Penggunaan Aplikasi siMAYA  (Aplikasi Perkantoran Berbasis Awan). Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Kamis (12/09/2019) bertempat di Ruang Rapat Biro Kesra dengan pesertanya terdiri Kepala Biro, Kepala Bagian, Kasubag, dan Staf Bagian Tata Usaha.

Aplikasi siMAYA merupakan aplikasi administrasi perkantoran bebasis web atau awan. Dengan aplikasi ini proses manajemen naskah dinas yang biasa disebut persuratan, selama ini masih dilakukan secara manual, maka dimasa yang akan datang dilakukan secara otomatis, sehingga memudahkan dalam memproses naskah dinas, mulai dari penciptaan, pemanfaatan, penyimpanan dan penemuan kembali serta pemusnahannya.

Karo Kesra Setda Prov.NTB mengatakan, efisiensi dan efektifitas merupakan tuntutan mendasar bagi kinerja birokrasi. Surat menyurat dan disposisi tidak harus dilakukan dengan cara manual namun dengan aplikasi elektronik  sehingga kerja administrasi lebih efektif.

Lebih lanjut disampaikan, penerapan aplikasi siMAYA dapat meningkatkan e-Government di Lingkungan Pemerintah Provinsi NTB, guna mewujudkan tata pemerintah yang lebih baik. Tata pemerintahan yang dimaksud adalah meningkatkan koordinasi dan tertib administrasi, terutama surat masuk dan surat keluar  yang semula dilakukan secara manual bisa dilakukan secara otomatis sehingga lebih efektif dan efisien.

Pemanfaatan teknologi digital serta mengaplikasikan sistem secara maksimal dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi, untuk menunjang administrasi perkantoran di Biro Kesra Setda Prov.NTB. Transformasi budaya kerja dari sistem manual menuju dunia digital dalam pemerintahan berbasis siMAYA. Sebagai portal aplikasi siMAYA menjadi jawaban dalam pengoperasian sistem dalam menindaklanjuti surat masuk dan keluar, pembuatan surat dan disposisi akan menjadi lebih fleksibel sehingga pemanfaatan aplikasi dapat berjalan baik.

Berita Terkait

    Kembali ke atas